Jumat, 17 Februari 2012

NITISEMITO


Nitisemito adalah legenda dalam industri rokok kretek di Indonesia, meskipun bukan penemu rokok kretek, tetapi Nitisemito adalah pelopor industri rokok kretek dengan  memperkenalkan manajemen modern dalam mengelola usahanya. Perusahaan Nitisemito pernah menyewa pesawat Fokker seharga f 200,- untuk mempromosikan rokoknya di Bandung dan Jakarta. Rokok produksi Nitisemito tersebar ke seluruh penjuru negeri bahkan sampai ke Belanda dan sempat menjadi perusahaan rokok terbesar di Hindia Belanda


M. Karmain pada walnya adalah salah seorang karyawan yang menjadi anak emas Nitisemito bahkan puteri nomor duanya lalu dinikahkan dengan Karmain yang kemudian menjabat sebagai Manajer pabrik rokok Bal Tiga. Nama M. Karmain juga diabadikan  dalam rokok Bal Tiga Nitisemito.

 
Persaingan bisnis dan tuduhan penggelapan pajak membuat Nitisemito mulai mengalami kemunduran, oleh pemerintah kolonial Nitisemito dituduh menggelapkan pajak yang merugikan pemerintah kolonial sebesar f 160.000,- karena melakukan pembukuan ganda. Perkara ini menyeret Nitisemito ke pengadilan. Selain itu , Karmain juga terseret dalam kasus penggelapan pajak. Meskipun tuduhan penggelapan pajak tidak pernah terbukti dan akhirnya bebas dari tuduhan, hal itu telah membuat Karmain jatuh sakit lalu meninggal. Nitisemito bukan hanya kehilangan pegawai terbaik dan menantunya , tetapi juga pewaris tahta industri kreteknya padahal saat itu Nitisemito sudah hampir tidak aktif dalam mengelola bisnisnya.


Kesuksesan Bal Tiga juga tidak berlangsung lama. adanya konflik internal serta munculnya merek baru seperti Minak Djinggo milik Kho Djie Siong yang penah menjadi karyawannya disinyalir semakin mempercepat kemunduran Bal Tiga ditahun 1930an. Kejayaan Rokok Bal Tiga berakhir sebelum Nitisemito sendiri meninggal pada tahun 1950an, tetapi nama Nitisemito tetap menjadi legenda dalam industri rokok kretek, namanya diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kudus, bahkan berbagai perabot dan peralatan promosi rokok Bal Tiga sekarang menjadi collector's items.


Nampan lapis enamel Rokok Bal Tiga - Nitisemito
~ SOLD ~




Piring Nitisemito, stock 11 pcs

~ SOLD~


Teko Nitisemito
~ SOLD~



Creamer Nitisemito

~ SOLD ~




 Wadah Gula Nitisemito

 ~SOLD ~
 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver